Go Green !

Holligreenies

Wasiat Qur'an

“ Dan ingatlah akan nikmat Allah SWT kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah SWT mempersatukan hatimu, kemudian menjadikan kamu karena nikmat Allah SWT orang-orang yang bersaudara. ” (QS. Ali Imran [3]: 103)

Wasiat Ulama

" Sebagaimana aku wasiatkan kalian untuk semangat dalam persatuan dan persaudaraan diantara kalian, dan saling menasehati diantara kalian dengan cara lemah lembut dan halus, dan menjauh dari sebab-sebab perselisihan, perpecahan, dan sebab yang menyebabkan kalian lalai dalam berdakwah dan mengalami kemunduran dalam berdakwah. Semua itu penyebabnya adalah perselisihan yang terjadi diantara kita. Jika muncul permusuhan atau perselisihan, hendaknya kedua belah pihak berusaha untuk menyelesaikannya dengan berbagai jalan dan usaha. " (Nasehat Syaikh Khalid Bin Dhahawi Azh-Zhafiri Hafizhahullah Ta’ala. Juli, 2011)

Qur'an Online

Listen to Quran

Sabtu, 13 Agustus 2011

Da’i NU Perlu Rambah FB Dan Twitter.


13/08/2011 15:19

RAMADHAN BERKAH/PELATIHAN KADER DAI
Ketua PWNU DKI: Da’i NU Perlu Rambah FB dan Twitter





Jakarta, NU Online




Ketua Pengurus WIlayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta Djan Faridz menyarankan agar para Da’i Nahdlatul Ulama lebih kreatif dalam mengemas dan menyampaikan pesan dakwahnya menjadi lebih modern. Kreativitas dalam mengemas dakwah itu penting agar syiar Islam dapat diterima publik dengan baik. “Para da’i NU perlu mengikuti perkembangan. Ini jaman modern, teknologi informasi berkembang pesat. Kalau kita tidak menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman akan ketinggalan,” kata Djan Faridz saat menjadi narasumber dalam Pelatihan Kader Da’i Nahdlatul Ulama di Gedung PBNU Jl. Kramat Raya Jakarta Pusat, Sabtu (13/8). Djan mengatakan, saat ini banyak anak muda yang kesehariannya bersinggungan dengan dunia maya. Setiap saat mereka terkoneksi dengan internet, membuka facebook (FB), twitter, dan situs jejaring sosial.              
Fenomena seperti itu juga harus diikuti oleh ustadz dan da’i penyampai pesan keagamaan. ”Jadi, menyampaikan dakwah itu tidak lagi hanya dengan pola-pola yang konvensional. Para da’i juga harus memanfaatkan situs jejaring sosial seperti FB dan twitter sebagai media penyampai pesan dakwah,” tandasnya.

Selain mengubah kemasan dakwah, Djan Faridz juga menyarankan agar para da’i memiliki kemandirian ekonomi. Da’i tidak hanya dituntut memiliki kemampuan pemahaman keagamaan yang mendalam, tetapi bila perlu memiliki unit usaha yang berkembang dan bisa mendukung kegiatan dakwah.

”Jaman dulu saja, para wali juga merangkap sebagai pedagang. Pedagang juga merangkap sebagai penyampai pesan dakwah. Apalagi sekarang di era yang sudah modern. Jiwa kewirausahaan harus dimiliki oleh ustadz dan da’i Nahdlatul Ulama,” jelas Djan Faridz.

Lebih lanjut dikatakan, PWNU DKI Jakarta saat ini sedang mengupayakan ada pemberdayaan ekonomi warga NU. Pria yang juga anggota DPD RI ini berencana mendukung pengusaha kecil NU. Pengusaha yang mempunyai warung akan difasilitasi pinjaman modal dari BRI. Warung2 warga NU akan dijadikan semacam toko serba ada, tapi lebih kecil.

"Namanya warungnye orang NU. Kalau ini jalan, aka nada sinergi antara penguatan ekonomi dengan penguatan dakwah ke-Islam-an," terang Djan.

Redaktur : Syaifullah Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.